3 Kemalangan Utama Dalam Bepergian Dan Bagaimana Mengatasinya

Perjalanan internasional bisa sangat menyenangkan dimana Anda bisa melihat tempat-tempat baru, bertemu dengan orang-orang baru, dan merasakan budaya yang baru. Akan tetapi tidak berarti berlibur ke luar negeri bebas dari stress. Berikut cara untuk mengatasinya.

Perjalanan internasional bisa sangat menyenangkan dimana Anda bisa melihat tempat-tempat baru, bertemu dengan orang-orang baru, dan merasakan budaya yang baru. Akan tetapi tidak berarti berlibur ke luar negeri bebas dari stress. Berikut cara untuk mengatasinya.

Kemalangan Perjalanan 1: Penerbangan yang Tertunda

Sayangnya, tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk menghindari penundaan penerbangan dikarenakan penyebabnya cenderung di luar kendali Anda. Tapi Anda masih bisa berbuat sesuatu dari situasi ketidakberuntungan. Pertama, cek status penerbangan sebelum Anda pergi. Bila Anda mengetahui penundaan di depan, Anda bisa memanfaatkan waktu dengan lebih produktif daripada menghabiskan waktu di bandara.

Jika Ada terlanjur berada di bandara ketika Anda mengetahui penundaan, pastikan Anda bertemu dengan perwakilan maskapai penerbangan untuk menjelaskan kepada Anda apa yang sebenarnya sedang terjadi. Anda akan kerap diberikan makan atau akomodasi tergantung seberapa lama penundaan terjadi, jadi pastikan Anda paham opsi-opsi tersebut.

Jika Anda sedang merencanakan untuk mengklaim penundaan penerbangan Anda kepada pihak asuransi perjalanan Anda, Anda mungkin memerlukan suatu dokumen dari pihak maskapai penerbangan yang mengonfirmasi nomor penerbangan, lama penundaan, dan alasan. Akan bermanfaat untuk menyimpan salinan polis asuransi perjalanan Anda atau untuk memiliki nomor kontaknya di genggaman sehingga Anda dapat mengecek apa yang Anda butuhkan di tempat.

Kemalangan Perjalanan 2: Jatuh Sakit

Tidak ada yang bisa merusak liburan Anda semudah jatuh sakit, tetapi banyak yang bisa Anda lakukan untuk menghindarinya dari semula. Pastikan Anda mempelajari destinasi Anda sebelum Anda bepergian: di negara yang belum maju: minum air kemasan adalah ide yang bagus, contohnya. Gunakan air kemasan untuk sikat gigi, dan pastikan makanan yang tidak dimasak seperti salad belum dicuci dengan air keran.

Jika mencegah lebih baik dari mengobati, kecelakaan dan penyakit tidak akan terjadi. Ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu dimana fasilitas kesehatan terdekat supaya Anda paham apa yang harus Anda lakukan di situasi darurat. Jika Anda berencana untuk mengklaim asuransi Anda, maka Anda harus menghubungi perusahaan asuransi Anda sesegera mungkin setelah terjadi insiden agar mereka dapat menyarankan Anda tentang apa yang mesti Anda lakukan.

Kemalangan Perjalanan 3: Bagasi Hilang

Hanya beberapa hal yang lebih buruk dibandingkan perasaan risau yang muncul saat orang lain sudah meninggalkan area klaim bagasi dan Anda menyadari bahwa bagasi Anda tidak kunjung datang.

Pertama-tama, cobalah untuk menyimpan sebanyak mungkin barang-barang penting di tas tangan Anda sehingga Anda setidaknya masih punya hal-hal mendasar bersama Anda ketika Anda kehilangan bagasi check-in. Larangan untuk membawa cairan di pesawat membuat tindakan demikian semakin sulit dilakukan belakangan ini, akan tetapi jika Anda memiliki satu setel baju ganti dan setangkai sikat gigi bersama Anda maka setidaknya Anda punya apa yang paling Anda butuhkan bila sesuatu hal yang terburuk terjadi.

Bila tas Anda hilang, langkah pertama Anda adalah dengan berbicara ke perwakilan maskapai penerbangan saat Anda masih berada di bandara. Mereka akan memberikan dokumentasi untuk membuktikan klaim Anda, dan mereka juga akan menjadi pihak pertama yang Anda hubungi dalam urusan kompensasi. Beberapa maskapai penerbangan juga akan menyediakan sebuah tas perlengkapan mandi beserta isinya tergantung permintaan.

Berikutnya adalah menghubungi pihak asuransi perjalanan Anda untuk mengabarkannya. Mereka akan membutuhkan salinan dokumentasi dari pihak maskapai penerbangan, jadi pastikan Anda sudah mengantonginya. Bila Anda dugaan bahwa tas Anda telah dicuri ketimbang hilang, maka mungkin Anda juga akan membutuhkan surat laporan polisi, jadi sebaiknya hubungi pihak asuransi Anda sebelum Anda meninggalkan bandara. Pastikan polis Anda berada di tempat yang aman (di dalam tas tangan Anda tentunya!)