Tanyakan Manajer Klaim

Apa itu TOS dan bagaimana itu akan membantu klaim Anda? Pelajari lebih lanjut tentang klaim di sesi tanya-jawab berikut.

Apa itu TOS dan bagaimana itu akan membantu klaim Anda? Pelajari lebih lanjut tentang klaim di sesi tanya-jawab berikut.

Tanyakan Seorang Manajer Klaim

Carolyn Cheong adalah seorang Manajer Eksekutif Klaim di Chubb Insurance Ltd. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun menangani klaim, mari kita lihat apa saran dia buat pemegang polis asuransi perjalanan di sesi tanya-jawab (T&J) berikut.

T. Apa saja 3 klaim utama yang diajukan oleh pemegang polis Anda?

J. Di tahun 2013, tiga klaim utama yang diajukan oleh pemegang polis Chubb adalah untuk:

  1. Biaya Medis
  2. Penundaan Perjalanan
  3. Kerusakan Bagasi

T. Apa yang terjadi setelah sebuah klaim diajukan?

J. Kita akan memberi tanda terima dari klaim Anda dan nomor klaim Anda dalam tiga hari kerja sejak klaim dikirim melalui email dan dalam lima hari kerja sejak klaim dikirim melalui pos.

Kita akan mengecek apakah polis menjamin kerugian yang terjadi dan bahwa dokumen klaim yang diajukan lengkap dan teratur. Bila dokumen atau informasi yang telah Anda berikan belum lengkap, kami akan menanyai Anda untuk melengkapi item yang kurang, sebelum kita bisa memproses klaim Anda lebih lanjut.

T. Biasanya, berapa lama bagi Anda dan tim untuk memproses suatu klaim?

J. Mungkin sekitar 1-2 minggu dari waktu kita menerima klaim, hasil akan sampai pihak pengklaim.

T. Apa saran Anda untuk pemegang polis agar klaim mereka diproses segera?

J. Bagi klaim yang diproses tanpa penundaan, pemegang polis memainkan peranan penting dalam prosesnya. Saya menganjurkan aturan TOS:

  1. T untuk time atau waktu – klaim harus diajukan dalam tiga puluh hari sejak kejadian.
  2. O for Online - untuk online – gunakan formulir klaim online sebaik mungkin. Alternatifnya, unduh dan cetak formulirnya dari laman web kami. Ingatlah untuk mengisi semua kolom yang diperlukan.
  3. Suntuk support documents atau dokumen pendukung – ingat selalu untuk memberikan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan dimana ada dokumen-dokumen tertentu untuk berbagai jenis klaim dan infomasi tersebut tertera di sini. Selain itu, isi semua bagian yang relevan dari formulir klaim untuk memastikan bahwa Anda telah menyediakan informasi lengkap supaya klaim Anda bisa diproses cepat.

T. Bisakah Anda berbagi dengan kami beberapa contoh klaim yang tidak bisa klaim?

J. Dua tipe klaim muncul di benak saya. Tipe pertama berhubungan dengan kondisi yang telah ada sebelumnya. Satu contoh untuk ini adalah tertanggung dengan kondisi jantung bawaan. Ketika jantungnya dalam kondisi stabil dan terkendali, dia merasakan ketidaknyamanan di dada dan detak jantung yang tidak biasa (arrhythmia). Penanganan medis dan segala bentuk klaim yang mungkin muncul dari gejala ini dalam medis sayangnya tidak akan dijamin dalam kebanyakan polis-polis asuransi perjalanan.

Tipe kedua berhubungan dengan peristiwa yang diketahui. Ini biasanya situasi dimana pihak tertanggung tahu atau mungkin di ruang umum sebelum perjalanan sebelum polis asuransi dibeli. Misalnya, bila berita tentang agen perjalanan tertentu tengah mengalami masalah tertentu yang mana sudah dipublikasikan atau diberitakan oleh media massa, dan suatu perjalanan pemegang polis jelas terdampak oleh penutupan agen perjalanan, klaim untuk perjalanan mungkin tidak akan dipenuhi dan tidak akan dijamin jika asuransi dibeli setelah berita beredar.

Tips 1: Pastikan asuransi perjalanan Anda menjamin pengeluaran besar yang muncul dari perawatan medis.

Tips 2: Anda tidak semestinya membawa barang-barang mahal atau barang yang mudah rusak di dalam bagasi yang akan melalui check-in. Bawalah benda-benda tersebut bersama Anda supaya Anda bisa mengawasinya secara layak.