10 Tips Untuk Mengatasi Jetlag

Hanya sedikit orang akan membantah perjalanan internasional sangat menyenangkan, tetapi ada sisi buruknya: jet lag. Sayangnya, tidak ada obat untuk itu (setidaknya belum), namun banyak hal yang bisa dilakukan oleh pelancong cerdas untuk membuat perjalanan lintas zona waktu lebih mudah. Ikuti petunjuk kami melalui 10 langkah berikut.

Hanya sedikit orang akan membantah perjalanan internasional sangat menyenangkan, tetapi ada sisi buruknya: jet lag. Sayangnya, tidak ada obat untuk itu (setidaknya belum), namun banyak hal yang bisa dilakukan oleh pelancong cerdas untuk membuat perjalanan lintas zona waktu lebih mudah. Ikuti petunjuk kami melalui 10 langkah berikut.

SEBELUM ANDA TERBANG

1. Jet lag bukan sekadar kelelahan

Ya, penerbangan jarak jauh bisa menyebabkan Anda lelah dan dehidrasi, tetapi itu relatif mudah diatasi. Jet lag adalah apa yang terjadi ketika jam internal tubuh Anda (dikenal sebagai ritme Circadian) keluar dari pengaturan dengan waktu lokal, dan butuh waktu lebih lama untuk membenarkannya. Pelancong cerdas mulai mempersiapkan beberapa hari sebelumnya dengan mengubah jadwal aktivitas mereka mendekati waktu yang berlaku di destinasi mereka nanti. Sesungguhnya bila Anda melintasi 12 zona waktu, Anda tidak bisa memulai dengan tetap bangun hingga pukul 8 am lalu tidur di siang harinya, tetapi Anda bisa menggeser rutinitas Anda beberapa jam untuk mengurangi keterkejutannya.

2. Istirahat dengan Bijak

Di atas kertas, bergadang sebelum bepergian supaya Anda lelah dan dengan demikian lebih cenderung untuk tertidur di pesawat terdengar seperti sebuah ide yang bagus. Dalam prakteknya, trik itu jarang bekerja dan Anda mungkin hanya akan lebih lelah dari biasanya apabila Anda tidak dapat tidur di pesawat. Cara terbaik untuk bepergian adalah saat Anda beristirahat dengan baik.

3. Berhenti Makan

Kita tidak dapat berjanji untuk yang satu ini, tetapi beberapa pelancong bersumpah dengan berpuasa sebagai satu cara untuk mengatasi jetlag. Perkirakan kapan waktu Anda akan sarapan di destinasi baru, hitung mundur 16 jam ke belakang dan berhenti makan pada saat itu. Logikanya adalah jam internal tubuh dikendalikan sebagian oleh makan, jadi melewati jam makan membantu Anda menyetel ulangnya. Tentu saja, itu berarti Anda akan kelaparan dan gelisah dalam penerbangan, jadi metode ini mungkin tidak untuk semua orang.

DALAM PESAWAT

4. Awasi Apa yang Anda Minum

Ketika mungkin sangat menggoda untuk beralih ke troli minuman untuk membantu Anda rileks, alcohol bisa menyebabkan dehidrasi. Mengingat udara di pesawat cenderung sangat kering, alkohol merupakan hal terakhir yang Anda butuhkan, dehidrasi akan memperparah jetlag dan memperburuk kondisi Anda. Minumlah air saja.

5. Makan Makanan yang Benar

Ada bukti yang mengatakan bahwa makan makanan yang tinggi karbohidrat membuat badan Anda siap untuk tidur, sedangkan protein memiliki efek sebaliknya. Kalau Anda mengarah ke Timur, maka memasok karbohidrat selama di pesawat mungkin membantu Anda untuk tidur di sisi lain. Sebaliknya, bila Anda mengarah ke Barat dan butuh untuk tetap terjaga untuk seharian penuh, mungkin lebih bijaklah dengan roti gulung di pesawat.

6. Tetap Aktif di Pesawat

Sulit untuk bergerak di sebuah ruang yang sempit dan Anda mesti mempertimbangkan penumpang lain (maka jangan push-up di koridor) tetapi melakukan sedikit olahraga setiap jam atau semacamnya tidak hanya membantu Anda tetap segar, itu juga dapat membantu Anda mencegah pembentukan penggumpalan darah. Kebanyakan maskapai penerbangan menerangkan tips olahraga di dalam majalah mereka, jadi dapatkan sedikit perenggangan untuk membantu mengatasi jetlag.

DI TEMPAT TUJUAN

7. Atur Tidur Anda

Saat akhirnya Anda tiba di kamar hotel, mungkin Anda berpikir untuk langsung menuju tempat tidur, tetapi periksa waktu terlebih dahulu. Jika sudah lebih dari jam 1 siang sebaiknya Anda tetap aktif sampai sisa hari dan beristirahat di awal malam harinya. Jika kurang dari jam 1 siang lantas tidur beberapa jam mungkin suatu ide yang bagus, tetapi Anda perlu lebih tegas tentang memaksa diri Anda bangun dari tempat tidur. Karena akan semenggoda itu untuk membiarkan tidur singkat dua jam tadi menjadi tidur penuh delapan jam, Anda akan menyesal ke depannya. Makin segera Anda bisa menyesuaikan pola tidur Anda dengan waktu lokal, lebih baik.

8. Hindari Kafein

Tidak ada yang salah dengan secangkir-dua cangkir kopi untuk membantu Anda melewati hari, tetapi perhatikan waktu supaya Anda yakin kafeinnya telah meninggalkan sistem Anda sebelum Anda mencoba untuk tidur. Secangkir double espresso pukul 6 sore bukan ide terbaik bila Anda merencanakan tidur di awal malam.

9. Jetlag Membenci Udara Segar

Keluarlah, telusuri kota, dan berolahragalah. Anda mungkin tidak akan merasa cukup energik untuk sebuah lari marathon, tetapi sedikit aktivitas ringan akan menjaga kondisi Anda, plus memastikan bahwa hari pertama di destinasi Anda tidak terbuang begitu saja.

10. Dan akhirnya...

Perjalanan dekat? Jangan mencoba-coba untuk membiasakan diri. Bila Anda bisa makan dan tidur dengan ‘waktu asal’ Anda maka Anda bisa anggap biasa saja seolah-olah Anda tidak sedang di zona waktu baru. Bisa jadi sangat menyenangkan untuk melihat-lihat sisi lain dari suatu kota, bila Anda sarapan di siang hari dan menjelajah saat kebanyakan orang di tempat tidur, tetapi hal seperti itu membutuhkan jadwal yang fleksibel, jadi mungkin tidak direkomendasikan untuk perjalanan bisnis.

Tips: Pelancong cerdas juga merupakan pelancong yang banyak akal sebab mereka melakukan persiapan yang ebih baik untuk perjalanan mereka. Cari tahu perlindungan yang lebih baik saat Anda bepergian lebih jauh.