Tujuh Rahasia Perjalanan Murah

Internet barangkali telah membuat urusan pemesanan perjalanan menjadi lebih cepat dan mudah, tetapi bukan berarti Anda mesti begitu saja mengambil tawaran yang pertama Anda lihat. Harga bisa beragam tergantung kapan dan bagaimana cara Anda memesan, dan kadang opsi termurah belum tentu yang terbaik bagi Anda. Apa yang pelancong cerdas lakukan berbeda?

1. Memesan sesuai Anggaran

Kita beruntung di Indonesia memiliki begitu banyak destinasi wisata hebat di sekitar kita, lantas apakah Anda benar-benar ingin ke Bali saat sebuah kapal pesiar mungkin membawa Anda ke lebih banyak tempat? Kalau Anda menginginkan liburan tetapi tidak terikat pada suatu lokasi spesifik, maka carilah penerbangan dan hotel menurut anggaran dibanding destinasi. Bukan hanya Anda bisa menghemat uang, Anda mungkin menemukan permata tersembunyi dalam prosesnya.

2. Tanya Soal Diskon

Bagi pembeli, tidak ada penyesalan yang lebih buruk dari memesan sesuatu hanya untuk menemukan bahwa keesokan harinya harga telah turun. Tetapi apa yang pelancong cerdas ketahui adalah itu bukan akhir segalanya – hubungi hotel atau maskapai penerbangan dan mereka terkadang menawarkan penyesuaian harga atau menawarkan hidangan gratis. Kalau tidak, cek apakah ada biaya pembatalan, dan bila tidak ada

3. Lihat Sekitar

Situs perjalanan jelas membuat hidup lebih mudah dan seringkali menghemat uang Anda, tetapi kadangkala maskapai penerbangan dan hotel menyimpan penawaran terbaiknya sendiri. Bila Anda sedang memerhatikan sesuatu di sebuah situs pemesanan pihak ketiga, gunakan beberapa detik untuk memeriksa harga di situs pihak pertama milik hotel atau maskapai penerbangan. Anda tidak pernah tahu, barangkali Anda melewati penawaran yang menggiurkan.

4. Pesan di Awal

Pesan lebih awal menjadi penting terutama saat periode ramai seperti, liburan sekolah: hotel dan maskapain penerbangan akan menaikkan harga sesuai dengan permintaan, jadi memesan beberapa bulan ke depan merupakan ide yang baik supaya menghindari kejutan di menit-menit terakhir.

5. Pesan di Akhir

Anda terkadang dapat mendapat penawaran bagus beberapa hari sebelum Anda berangkat dikarenakan retailer ingin mengurangi kerugiannya akibat kursi atau kamar kosong. Faktanya, pembelian-pembelian di menit-menit terakhir cenderung paling murah tetapi sebelum Anda memercayainya, perhatikan: tidak ada jaminan Anda bisa membuat reservasi, apalagi menghemat uang. Opsi semacam ini paling cocok untuk pelancong yang bisa fleksibel dengan rencana perjalanannya.

6. Baca Keterangan Denda

Tiket murah memang menyenangkan tetapi mencoba untuk mengubahnya dan Anda akan menyadari bahwa mereka mempunyai harga tersendiri dalam bentuk denda pengubahan/pembatalan. Bacalah syarat dan kondisi yang tertera dengan hati-hati sebelum Anda memesan dan menimbang pilihan: kalau Anda berkemungkinan untuk mengubah pemesanan, maka mungkin akan justru lebih murah dengan membeli tiket yang lebih mahal yang memberi Anda sedikit keleluasaan.

7. Tanya Soal Air Pass

Satu hal yang bahkan pelancong yang gemar bepergian pun belum tentu familiar: air pass. Air pass sering tidak dipublikasikan dengan baik dan beberapa maskapai mungkin tidak menawarkannya secara online, tetapi sebuah air pass memungkinkan Anda untuk bepergian ke beberapa destinasi dalam region tertentu dengan harga diskon, sering (meski tidak selalu) mengubah rencana perjalanan dan pemesanan penerbangan dengan pemberitahuan singkat. Sebuah air pass merupakan cara yang bagus untuk menghemat uang dari tiket maskapai penerbangan utama, tetapi jangan lupa untuk membandingkan harga dengan maskapai penerbangan low-cost yang bisa jadi tetap lebih murah.

Tip: Pelancong yang pintar selalu terlindungi yang membuat perjalanannya tetap murah!