Klaim

Di Chubb Travel Insurance, kami berkomitmen memproses klaim Anda secepat mungkin.

Di halaman ini Anda dapat menemukan rincian-rincian mengenai hal-hal yang harus dilakukan jika terjadi kehilangan yang ditanggung dalam polis Anda, tata cara mengajukan klaim dan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mendukung klaim Anda.

Untuk menghindari keterlambatan dan memastikan bahwa klaim Anda ditangani dengan segera dan efisien, mohon perhatikan rincian-rincian yang dijabarkan mengenai tata cara pengajuan klaim.

Untuk bantuan klaim, silakan hubungi/email ke Layanan Pelanggan

Layanan Pelanggan Chubb Travel Insurance

Hotline:+62 21 1500257 (Senin – Jum’at, 8.30 - 17.30)
E-mail: Travel.ID@chubb.com

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Peristiwa Yang Ditanggung Dalam Polis Anda

  • Sehubungan dengan klaim perawatan (termasuk pembatalan perjalanan) Anda harus mengajukan klaim kepada penyedia layanan kesehatan Anda terlebih dahulu sebelum ke Chubb Travel Insurance.
  • Untuk keterlambatan penerbangan atau bagasi, Anda harus meminta dokumen berisi konfirmasi nomor penerbangan, lamanya keterlambatan, dan alasan di balik keterlambatan tersebut dari perwakilan maskapai penerbangan yang bersangkutan.
  • Untuk kehilangan, kerusakan atau pencurian bagasi yang di check-in, segera (dalam 24 jam) laporkan ke maskapai penerbangan yang bersangkutan atau ajukan klaim ke pihak mereka. Dalam banyak kasus, mereka mungkin bertanggungjawab atas kerusakan dan/atau kehilangan. Tolong mintakan juga laporan kehilangan/kerusakan bagasi dari perwakilan maskapai penerbangan yang bersangkutan.
  • Laporkan semua kehilangan atau kerusakan bagasi lain ke otoritas setempat/polisi dan simpan laporan polisi sebagai catatan Anda untuk diajukan bersama dengan formulir klaim.
  • Semua kehilangan yang berkaitan dengan Dokumen Perjalanan harus dilaporkan kepada otoritas setempat dan dimintakan pernyataan tertulis.
  • Untuk klaim tanggung gugat jangan mengakui tanggung jawab tersebut atau menawarkan sesuatu. Minta klaim terhadap Anda dituangkan dalam bentuk tertulis.

Bagaimana Mengajukan Klaim Anda

  1. Anda harus mengajukan klaim dalam waktu 30 hari sejak peristiwa yang menjadi alasan pengajuan klaim Anda.
  2. Atau Anda juga dapat mengunduh salinan formulir klaim Chubb Travel Insurance Kami.
  3. Isi dengan lengkap SEMUA bagian & pertanyaan yang relevan dari formulir klaim sehubungan dengan klaim Anda. Rincian informasi yang kurang biasanya akan berakibat kami perlu menghubungi Anda kembali untuk meminta klarifikasi dan menunda asesmen terhadap klaim Anda.
  4. Pastikan Anda menyatukan dan melampirkan SEMUA dokumen-dokumen pendukung yang dibutuhkan berkenaan dengan klaim Anda bersama dengan formulir klaim. Kegagalan dalam menyediakan dokumen-dokumen pendukung yang dibutuhkan biasanya akan berakibat kami kami perlu menghubungi Anda kembali untuk meminta klarifikasi dan menunda asesmen terhadap klaim Anda.
  5. Untuk asesmen segera terhadap klaim Anda, serahkan formulir klaim dan dokumen-dokumen pendukung Anda menggunakan Formulir Klaim Perjalanan Online kami atau mengirimkannya  lewat email ke travel.id@chubb.com. Atau Anda bisa mengirimkan klaim Anda melalui pos.
  6. Setelah dikirim, Anda biasanya akan menerima konfirmasi mengenai nomor klaim Anda dalam waktu 3 hari untuk klaim yang dikirimkan lewat email dan dalam waktu 5 hari untuk klaim yang dikirimkan lewat pos.
  7. Jika Anda memiliki pertanyaan sehubungan dengan klaim Anda termasuk pembaruan status silahkan menghubungi bagian Klaim kami di travel.id@chubb.com . dengan tidak lupa menyebutkan nomor polis dan klaim Anda.

Dokumen-dokumen Yang Diperlukan Untuk Mendukung Klaim Anda

Semua klaim harus diajukan dengan melampirkan dokumen-dokumen pendukung berikut ini:

  • Formulir klaim yang telah diisi lengkap
  • Konfirmasi booking dan jadwal perjalanan

Selain ini, dokumen-dokumen pendukung tambahan berikut juga diperlukan berdasarkan jenis klaim yang Anda ajukan:

Manfaat yang diklaimDokumen bukti kehilangan
Kecelakaan diri: Meninggal dunia akibat kecelakaan
  • Salinan sertifikat kematian & salinan pendapat dan temuan koroner (jika ada))
Kecelakaan diri: Cacat tetap
  • Surat pernyataan dokter
Cacat Tetap Total
  • Surat pernyataan dokter
Biaya perawatan yang ditimbulkan di luar negeri Biaya perawatan pasca perjalanan yang ditimbulkan di Indonesia
  • Laporan medis, dan
  • Bukti biaya (misalnya tagihan/tanda terima dari dokter)
Kunjungan perjalanan, pengembalian anak di bawah umur Biaya-biaya darurat selama perjalanan Biaya panggilan (sehubungan dengan evakuasi medis)
  • Laporan medis atau jika meninggal dunia, salinan sertifikat kematian
  • Tagihan/tanda terima biaya akomodasi dan perjalanan
  • Tagihan dari perusahaan telekomunikasi
Rawat inap di rumah sakit di luar negeri
Rawat inap di rumah sakit di dalam negeri
  • Laporan medis, dan
  • Tagihan rumah sakit
Tanggung gugat pribadi
  • Surat atau tuntutan klaim yang diajukan terhadap Anda
Penundaan, pembatalan perjalanan atau pengurangan masa perjalanan
  • Semua dokumen yang mendukung kejadian-kejadian yang tidak terduga yang mengakibatkan pembatalan atau pengurangan masa perjalanan (misalnya, laporan medis)
Keterlambatan penerbangan atau ketinggalan penerbangan sambungan atau penerbangan yang overbook
  • Pemberitahuan dari maskapai penerbangan yang mengkonfirmasi alasan atas keterlambatan tersebut, dan
  • Bukti biaya-biaya tambahan
Keterlambatan bagasi
  • Laporan ketidakteraturan bagasi atau sejenisnya yang mengkonfirmasi adanya keterlambatan, dan
  • Bukti biaya-biaya tambahan
Kehilangan bagasi (termasuk komputer jinjing, peralatan golf, hadiah hole in one);
atau kehilangan uang atau dokumen perjalanan
  • Semua dokumen yang menunjukkan bukti kepemilikan, dan
  • Semua dokumen yang dapat mendukung jumlah yang diklaim (tagihan penggantian atau penawaran perbaikan); dan dalam kasus pencurian;
  • laporan polisi
Risiko sendiri untuk mobil sewaan
  • Laporan polisi; dan
  • Perjanjian penyewaan mobil
  • Pernyataan saksi
Ketidaknyamanan akibat pembajakan
  • Surat dari maskapai penerbanga; dan
  • Laporan polisi
Manfaat atas isi rumah
  • Laporan polisi

Untuk menghindari keterlambatan dan memastikan bahwa klaim Anda ditangani dengan segera dan efisien, mohon perhatikan rincian-rincian yang dijabarkan mengenai tata cara pengajuan klaim.